[Review Buku]: Negeri Van Oranje

Deskripsi tentang buku ini: Untuk apa pulang ke Indonesia? Pertanyaan ini melintas datang dan pergi di benak Lintang, Banjar, Wicak, Daus, dan Geri, lima mahasiswa Indonesia yang mengejar gelar S-2 di Belanda. Dalam perjalanan menemukan jawaban dari pertanyaan itu, mereka menjalani susah senangnya menjadi mahasiswa rantau di Eropa. Mulai dari kurang tidur karena begadang demi paper, kurang tenaga karena setiap hari mesti genjot sepeda berkilo-kilo meter bolak-balik ke kampus, sampai kurang duit hingga terpaksa mencari pekerjaan paruh waktu.

Kesamaan nasib menjalin erat persahabatan mereka. Bersama, mereka berbagi pengalaman dan tip bertahan hidup di Belanda. Takdir menuntut mereka memiliki keteguhan hati untuk melampaui rintangan, menggapai impian, serta melakukan hal yang paling sulit: the courage to love!

“Keakuratan detail cerita di dalamnya membuat saya jadi kangen sama Belanda.”
— Raditya Dika, penulis Kambing Jantan

“Kisahnya sangat nyata, penuh kejutan, dan inspiratif. Patut dibaca pula bagi yang ingin jalan-jalan ala backpacker di Eropa.”
– Trinity, penulis The Naked Traveler series

Membaca buku ini menurut rasanyaseru, seneng, tapi susah ditebak juga jalan cerita, tenang saja  ceritanya happy ending! 🙂  Jadi pengen kuliah dapet beasiswa S2 di luar negeri.  Bagi siapapun yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 khususnya di Belanda, buku ini recomended banget untuk dibaca, sebagai bekal untuk membuka wawasan tentang Netherland.  Selain meng-explore Netherland, dalam buku ini juga diceritakan tentang kisah jalan-jalan ke Spanyol, Jerman, Austria, juga ke Czech Republic khususnya kota Praha (Prague), hmmm mantap.  Novel ini juga sudah diangkat ke layar lebar.

Baca: book lover

 

Judul buku : Negeri Van Orangje
Penulis : Wahyuningrat, Adept Widiarsa, Annisa Rijadi, Rizki Pandu Permana.
Penerbit : PT. Bentang Pustaka
Tahun Terbit : Cetakan pertama, April 2009

Happy Reading!

With Love, 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s