Kulineran ke Restoran Korea : Bornga

Sudah lama tidak menulis tentang wisata kuliner di blog.  Keasikan review buku 🙈🙈 Biasanya saya hanya sharing video di YouTube, bukan ala-ala food vlogger, hanya sekedar bikin video sederhana untuk mengabadikan kenangan bahwa saya pernah mencoba tempat makan tersebut (karena saya tidak tahu, apakah tempat-tempat tersebut bisa saya kunjungi ulang atau tidak).  Jangan harap ada suara saya yang merekomendasikan dan mereview tempat makannya.  😋 Hanya video sederhana saja.  

Pada akhir pekan tanggal 9 Desember,  saya dan keluarga mencoba kulineran di restoran Korea.  Sekarang ini, restoran Korea tidak hanya berada di Kawasan Jakarta saja, tapi di daerah Gading Serpong Tangerang sudah banyak restoran Korea.  Restorannya berada di Jalan Gading Serpong Boulevard Ruko 1B Blok BA3 No. 24-26, Tangerang.

Ketika masuk, kami disambut hangat oleh para pelayan dengan mengucapkan kata-kata dalam Bahasa Korea dan mempersilahkan kami duduk. Suasananya Korea banget, bahkan siang itu banyak orang Korea yang makan di sana.  

Berikut ini beberapa menu yang kami coba: 

Goigui merupakan barbeque ala Korea. Selain terdiri dari daging, makanan yang kaya gizi dan nutrisi ini juga dimakan bersama dengan sayuran.  Sayurannya segar banget, sebagai pecinta sayuran hijau-hijau, saya langsung semangat.  Ada bermacam-macam sayuran seperti daun pohpohan, daun selada, daun ginseng, daun anggur.  Pesen Woo samgyup.  Potongan 150 gram daging brisket yang tipis diasinkan dengan sauce specialnya Bornga. Dagingnya fresh.  Lebih enak dibungkus di daun wijen bersama dengan hidangan lobak dan daun bawang yg diiris tipis, sama irisan bawang putih,  mmm enaaaaak! 

💚💚🥗🥗💚💚

Makanan pendamping di Bornga ini cukup banyak ada salad di bowl yg porsinya cukup besar, kimchi (merupakan sayuran yang difermentasikan, mungkin mirip dengan asinan yang ada di Indonesia. Sayuran yang biasa digunakan dan dijadikan kimchi adalah sawi putih, lobak dan juga mentimun. Kimchi ini bisa bertahan lama apabila disimpan di dalam lemari es atau disimpan dengan baik), semuanya enaak. Sayurannya segar,  suka banget 🥗💚

Terus pesan Japchae / Chapchae, kalau dilihat sekilas dari segi tampilannya mirip dengan capcay yang ada di Indonesia. Namun ternyata bahan utamanya sendiri terbuat dari mie (bihun ala korea) yang ditambahkan dengan sayuran. Jadi berbeda dengan capcay yang ada di Indonesia. 

Terus pesan Miyeok guk yang merupakan sup rumput laut. Biasanya rumput laut kering ini dimasak dengan cara merendamnya ke dalam air hingga menjadi lunak, kemudian dicampurkan ke dalam air kaldu dan diberi bumbu kecap, garam dan juga minyak wijen.  Enaaaak juga.  Minumannya, saya pesan ocha panas. 

Dari semua menu yang dipesan, rasanya enak sekali, hanya Kimchi saja, saya kurang doyan.  Pas kelar makan ditawarin compliment ice coffee atau omicha (air manisan buah cerme) dan dapet sepiring kecil semangka dan melon 🍈

Buat kamu pecinta makanan Korea, tempat ini recommended! Pelayanannya ramah.  Saat memasak daging di depan kita, bukan kita yang masak, tapi petugasnya yang memasak.  Satu hal yang pasti, sebagai Muslim harus make sure saja, apakah menu yang kita pesan sudah halal food atau belum.  Pulangnya kita boleh ngambil permen. Tempat yang asik dan nyaman untuk kulineran dan menghabiskan akhir pekan bersama keluarga. 

Happy culinary 🥘 🥗🍛🍜

With Love, ❤️

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s