Mari Konsumsi Bacaan Positif untuk diri sendiri

Sebuah bacaan, secara tidak langsung bisa saja mempengaruhi diri kamu. Pernahkah kamu sadar tentang hal ini? Ibarat makanan, tidak semua jenis makanan baik untuk kesehatan tubuh. Sama halnya dengan buku, tidak semua buku baik untuk kesehatan tubuh dan juga pikiran pembacanya.

Hal penting yang harus dilakukan oleh seorang pembaca, menurut saya salah satunya adalah bisa memilih bacaan bagus dan positif yang akan menyehatkan jiwa.  Perlu diketahui, tidak semua buku yang ada di dunia ini isinya bagus-bagus dan menyebarkan pengaruh serta pesan positif. Maka, sebagai pembaca harus menyaring, mempertimbangkan, dan jangan cuek terhadap buku apa yang kita baca. Karena kalau semua bacaan kamu baca, tapi kamu belum siap diterpa pengaruh pesan negatif, kemungkinan hal tersebut bisa mempengaruhi pola pikir juga perilaku kita dalam menyikapi kehidupan serta dalam memahami isi pesan.

Di sini, saya tidak akan membahas tentang judul buku-buku yang bagus dan tidak bagus. Saya rasa, apabila kita bersikap dewasa, kita sudah bisa menentukan buku apa yang kira-kira bagus dan tidak bagus untuk diri kita menurut versi kita. Karena jika bagus menurut versi saya, belum tentu bagus menurut versi kamu.  Lagi pula, saya tahu dan saya sadar, bahwa membaca itu juga tentang “selera”. Setiap orang memiliki selera masing-masing yang berbeda dengan saya. Yang ingin saya sharing adalah bagaimana kita tetap hati-hati dalam mengonsumsi sebuah bacaan agar tidak merugikan diri sendiri tapi justru harusnya menjadikan kita pribadi yang baik lagi dengan membaca buku-buku yang baik.

Baca: buku-buku yang saya baca di tahun 2018

Sebagai pembaca kita juga harus sadar dan peduli terhadap konsumsi bacaan yang akan kita baca. Menurut saya, kita  harus selektif memilih bacaan. Coba tanyakan pada diri sendiri, “Pembelajaran apa yang bisa saya dapatkan dengan membaca buku ini? Apakah pelajaran positif atau negatif? Kalau kamu bukan tipikal orang gampang dipengaruhi, mungkin ok-ok saja mengkonsumsi bacaan apa pun. Tapi kalau kamu merasa bisa gampang dipengaruhi, maka sebaiknya pikirkanlah bacaan yang cocok, pas, dan membuatmu bahagia dan tidak terpapar pengaruh negatif. Jangan sampai, sudah baca buku yang didapat malah hal merugikan. Namun bukan berarti kamu jadi males baca buku ya 🙂 mari jadilah pembaca yang cerdas dan tidak mudah dipengaruhi hal-hal negatif yang bisa merusak diri sendiri. Sebetulnya, jika orang tidak gampang dipengaruhi, membaca buku jenis apa pun, jika disikapinya dengan dewasa tidak perlu khawatir, karena dia sudah tahu mana yang baik atau tidak baik untuk dirinya. Biasanya tipikal pembaca seperti ini lebih ke ingin mengetahui tapi belum tentu mengkonsumsi. Lain halnya dengan pembaca yang mudah dipengaruhi, maka marilah selektiflah dalam memilih bacaan 🙂

Baca: review buku terapi berpikir positif

Jika bukan diri sendiri yang sadar dan mau belajar peduli untuk memilih bacaan  yang bagus, lantas siapa lagi? Yuk kita membaca bacaan-bacaan yang akan berpengaruh positif bagi kesehatan tubuh dan jiwa kita 🙂

“Kalau tubuh kita mau sehat, tentu saja sangat perlu makan makanan sehat dan bergizi. Dan bila pikiran kita ingin sehat, maka bacalah bacaan-bacaan yang baik dan positif, agar pikiran dan jiwa kita bisa sehat juga.”

Selamat memilih buku-buku kesukaanmu, dari mari kita membaca buku! 🙂

With Love,

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s