Sudahkah mempersiapkan?

Jika kita bepergian, atau kita melakukan traveling baik di dalam negeri maupun di luar negeri, bila kita ketinggalan barang, misalnya jaket, sepatu, coat, kita masih punya kesempatan dengan membeli barang baru.

Atau saat kita sekolah, ketinggalan buku pelajaran, masih bisa minta tolong orang di rumah untuk mengirimkan barang via go send kemudian di titip pak satpam dan kita akan mengambilnya. Atau saat kita sudah sampai kantor terus ada meeting dan bahan untuk presentasi di laptop ternyata ketinggalan di rumah, ini juga masih bisa minta tolong orang rumah untuk kirim via gosend atau kalau punya driver pribadi bisa minta tolong untuk diambilkan dulu.

Intinya, jika kita ketinggalan barang selama kita di dunia dan masih hidup, kita masih bisa mengusakan agar barang yang ketinggalan itu ada, dengan cara beli, dikirim, dan lain-lain.

Tapi coba kita bayangkan… Jika kita sudah berada di alam yang berbeda, saat kematian menjemput kita. Bila kita sebagai manusia tidak melakukan kebaikan, untuk saya sebagai Muslim misalnya, tidak mengerjakan kewajiban sebagai hamba-Nya, meninggalkan salat, tidak berbuat baik, tidak puasa, tidak mengaji, tidak bersedekah, dan banyak lagi.

Akankah saya bisa mengusahakan dan kembali ke dunia untuk memperbaikinya? Meminta seseorang untuk membantu kita. Sayangnya tidak bisa. Mumpung kita masih dikasih umur, dan masih hidup, maka jangan menunda untuk beribadah, melakukan kebaikan. Di mana saja, kapan saja, karena tidak akan pernah tahu kapan waktu kita akan tiba untuk kembali ke alam yang lebih kekal. Sebab di dunia ini hanya sementara, mari kita persiapkan diri membawa bekal untuk kehidupan yang akan datang.

Note to my self: tulisan ini terinspirasi dari pesan Om saya. Mumpung masih ada kesempatan, persiapkan sebaik-sebaiknya. Ketika di dunia apabila masih ada yang tertinggal kita bisa minta tolong orangtua atau orang di sekitar kita. Namun jika kita sudah berpindah alam, kita tidak bisa menolong dan ditolong siapa pun. Hanya diri kita yang bisa menolong diri sendiri. Mari persiapkan hingga giliran kita tiba.

Foto ini diambil pada bulan Desember 2016. Lokasi Lake Tekapo dengan backgroud view Mount Cook (gunung tertinggi di New Zealand). Gak nyangka pas ke NZ mendapati pemandangan yang sespektakuler ini ❤️

SUBSCRIBE AISAIDLUV

6 thoughts on “Sudahkah mempersiapkan?

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s