Pesona Matsumoto Castle di Nagano, Jepang

“My favorite thing is to go where i’ve never been.”–Diane Arbus

SUBSCRIBE Aisaidluv

Setelah mengunjungi Osakamain salju di Hokkaido, dan mengunjungi Shirakawo-go, pagi itu kami akan bergerak menuju perhentian terakhir, yaitu Tokyo. Namun sebelumnya, kami menginap di Matsumoto, dan lima menit dari hotel kami bisa sekalian mengunjungi Matsumoto castle.

Day 8 in Japan

Selasa, 14 Januari 2020 : Matsumoto – Tokyo

Setengah jam sebelum restoran tutup, saya di telpon petugas hotel Matsumoto Marunochi,  yang mengabarkan bahwa setengah jam lagi mereka akan tutup, dan kita diminta untuk segera sarapan. Wah baik sekali pihak hotel ini, rupanya kami roadtrip dari satu kota ke kota lain selama di Jepang, membuat kami cukup lelah, makanya suka lupa jam sarapan, haha. Padahal saya sudah siap, hanya saja saya menunggu semunya siap 😀 Seperti biasa, habis salat subuh yang saat itu sekitar pukul 05:23, tak lagi bisa memejamkan mata, dan menanti sunrise dari balik kaca, tak tak kunjung tiba, yang ada hanya melihat ini saja.

kota yang cantik berbalut pegunungan indah

Jalan-jalan ke Jepang saat musim gugur

Tiba di restoran, rupanya selain kami berenam, ada dua orang tamu yang juga sarapan bersamaan. Alhamdulillah masih cukup menu sarapan untuk kami pagi itu, tidak kehabisan 😀 Salah satu chef dan petugas hotelnya juga ngobrol dengan kami dan  ramah sekali, bapak chef kasih referensi minuman enak (sampai dibawain ke meja makan kami), terus tanya kami dari mana, kemudian  chef tersebut mengabadikan sarapan pagi itu, dengan mengambil foto kami. Pagi yang menyenangkan, sarapan yang mengenyangkan, suasana dan juga orang-orang yang kami temui pun menyenangkan. Bukankah jadi makin betah? Itu sudah pasti hehe. Setelah cukup kenyang dan waktunya selesai, kami pun berpamitan pada mereka, terus masuk lagi ke kamar untuk final check koper-koper dan barang bawaan karena kami akan melanjutkan perjalanan ke kota berikutnya.

Setiap kali ketemu sayuran, mata saya langsung hijau, haha. 😀
Tempat sarapan rasa klasik. Saya suka banget hotel dan tempat sarapan di hotel ini. Meskipun tidak besar, tetapi nyaman. Makanannya enak, dan pelayanannya juga bagus. 🙂

Jam 10:00, kami check out dari hotel, dan kami bergerak menuju salah satu tempat wisata yang rekomen dikunjungi saat ke Matsumoto. Menurut info dari guide, jarak dari hotel sekitar lima menit, eh ternyata malah hanya 4 menit, wah dekat sekali.  Sebetulnya tempat yang kami kunjungi ini tidak ada dalam itinerary perjalanan. Namun guide kami memberitahu kalau dari hotel tempat kami menginap ada castle yang bagus kemudian menawari kami untuk mengunjunginya sebelum perjalanan ke Tokyo. Tentu saja kami tidak menolak ajakan Pak Kardi- guide kami selama di Jepang. Kapan lagi coba main ke castle di Jepang. Lagi pula, ini merupakan kunjungan pertama saya ke sebuah castle di Jepang. Di mana Jepang itu terkenal dengan castle-castle nya sangat cantik.

Turun dari mobil, kami berjalan beberapa ratus meter ke tempat tujuan, saat akan menyebrang, saya bertemu dengan anak-anak TK. Huwaaaa, senang sekali akhirnya bisa menyaksikan langsung anak-anak TK di Jepang yang lagi jalan-jalan sama Ibu guru TK-nya, terus saya bilang “Halo,” anak-anak dan guru TK-nya bilang “Halo” dengan ramah sekali 🙂 Terus selesai nyebrang, saya bilang “Bye, bye, bye,” mereka pun merespon dengan bilang “Bye, bye, bye,” saya suka sekali dengan anak-anak, bahagia sekali hari itu ketemu mereka meski hanya bisa say hi, saja 🙂

The Wizarding world of Harry Potter di USJ, Osaka-Jepang

Anak-anak TK dan Ibu Guru yang ramah, you made my day so happy! 🙂

Mengunjungi Matsumoto Castle, sayangnya saat itu castle-nya sedang ditutup, karena sedang dalam tahap renovasi. Kami menikmati Matsumoto Park sambil terpesona cantiknya Matsumoto Castle. Castle ini berdiri sekitar 400 tahun lalu. Matsumoto Castle dikenal dengan dengan “Crow-Castle” atau “Kastil Gagak karena desain dinding luar yang berwarna hitam dengan sedikit aksen putih yang menambah kesan megah dan ikonik. Senang sekali, akhirnya bisa main ke castle yang ada di Jepang. Castle ini merupakan castle tertua dengan desain lima tingkat yang masih bertahan hingga hari ini. Selain Himeji Castle, Kumamoto Castle, Castle Matsumoto ini merupakan salah satu dari tiga castle bersejarah yang ada di Jepang. Seluruh bangunan Matsumoto castle ini bersama dengan menara penjaga masih asli seperti pertama kali dibangun pada tahun 1592. Wow, keren banget! Pantas saja, melihat sejarah panjangnya, pemerintah Jepang memasukkan komplek castle ini ke dalam situs warisan nasional Jepang.

Terletak di pusat kota Matsumoto, castle ini merupakan ikon utama wisata kota yang terletak di Perfektur Nagano. Perjalanan kali ini, saya merasa sangat beruntung, meski tanpa rencana, tapi ternyata bisa mampir ke tempat ini. Sebelum tiba di tempat sini, guide kami sudah beli satu bungkus roti tawar yang terdiri dari beberapa potong roti, di mana satu rotinya itu ukurannya tebal. Sebab dekat castle ini kita bisa sambil jalan-jalan terus memberi makan ikan yang ukurannya besar-besar, memberi makan bebek juga burung-burung.

Wohooo! Candid *ternyata pas dihinggapi seekor burung, Om saya sempat mengabadikan momen ini* Saya jadi teringat momen saat memberi makan burung dan bebek di Lake Wakatipu, NZ.
Momen main dan memberi makan kawanan burung dan bebek di tepi Lake Wakatipu, NZ

Dikarenakan hari itu saya tidak bisa masuk ke dalam castle, maka tenang saja, dengan berjalan santai, selain bisa menikmati kemegahan castle, saya juga bisa menyaksikan jembatan warna merah yang menyebrangi parit atau kanal.

Jalan-jalan ke Jepang saat musim dingin

Cantik sekali bangunan dan jembatannya

In Frame: Matsumoto castle yang indah

Lihatlah, ada banyak bebek di kolamnya
Suasana yang tenang, nyaman, dan damai. Sangat menyenangkan sekali berada di tempat ini 🙂
Mau diambil dari angle apa pun, tetep kece! Yang suka fotografi dan doyan moto, bisa hunting foto-foto ke sini, pasti bakalan banyak jepreten dengan berbagai angle yang menawan 😀

Lihaaaaat, ada ikan besar di kolam 😀
Ikan-ikan besar dan bebek-bebek di kolam ini mereka hidup bersahaja
Cakep bener! Alhamdulillah pas ke ini meski lagi musim dingin tapi cuaca sedang cerah berawan
Bahkan… Bapak ini pun sangat menikmati suasana di tempat ini, memberi makan burung-burung, sungguh menyenangkan 🙂

Mengunjungi desa Shirakawa-Go, situs Warisan dunia UNESCO, di Jepang

Sebenarnya masih ingin berlama-lama duduk di bangku-bangku yang sudah disediakan taman sambil menikmati suasananya. Sayangnya, roti sudah habis, dan tak bisa memberikan apa-apa lagi pada hewan-hewan yang ada di sekitar Matsumoto Park berlatarkan jembatan, kolam juga castle yang sangat indah ini 🙂 Kalau kamu main ke Matsumoto, jangan lupa mampir ke sini ya 🙂

Pukul 11:15, kami jalan menuju Tokyo menempuh jarak sekitar 250 km. Perjalanan memakan waktu 3,5 jam. Dua jam pertama, kami sempat mampir di Dangazaka SA (upbond) tempat istirahat di jalan tol Ono.  Berhenti dan istirahat di rest area jalan tol yang buka 24 jam dan beralamat di 4943 Ono, Uenohara, Yamanashi 409-0123, Japan. Kami sempat jajan camilan somay isi kepiting yang penjualnya bilang ke guide kami bahwa makanan tersebut aman untuk muslim. Terus kami jajan camilan lainnya untuk bekal di jalan 😀

Sungguh pagi yang menyenangkan, sebelum berangkat ke Tokyo mampir ke Matsumoto Castle 🙂

NOTE: foto-foto Matsumoto Castle diambil oleh Om saya.

Happy traveling! 🙂

Apakah kamu suka traveling?