[Review Buku] Recehan Bahasa karya Ivan Lanin

Kepintaran tenggelam tanpa keterampilan bahasa. 

Kedunguan gemerlap berkat kepiawaian bahasa. 

Kuasailah bahasa, kuasai dunia.  (halaman 75)

Judul                     : Recehan Bahasa
Penulis                  : Ivan Lanin
Penerbit                : Penerbit Qanita
Jumlah halaman : 138 halaman
Tahun Terbit        : Cetakan II, Agustus 2020
ISBN                       : 978-602-402-179-5

Sinopsis:

Bahasa tidak muncul dari ketiadaan. Kata muncul dari interaksi sehari-hari antarmanusia yang membentuk sebuah sistem komunikasi yang disepakati berasama. Inilah yang disebut bahasa.

Tak jarang, istilah-istilah receh yang kita sepelekan menjadi salah satu tonggak perkembangan bahasa. Misalnya, kata segede gaban, alay, dan ambyar memunculkan citra yang melambangkan sebuah generasi tertentu.

Ivan Lanin mengumpulkan recehan bahasa yang berserakan ini di lini masa media sosial untuk kita nikmati bersama dalam buku ini, sebagai hiburan sekaligus penambah pengetahuan yang penuh cita rasa.

Sambil rebahan ataupun tirah baring, mari kita nikmati Recehan Bahasa: Baku Tak Mesti Kaku. Tak perlu malu dan kaku dalam berbahasa, meski receh, tidak pernah dilarang.

Masih ingat pelajaran bahasa Indonesia saat kamu masih duduk di bangku sekolah dasar, menengah, hingga atas? Bagaimana pelajaran tersebut menurutmu? Mudah, susah, apa biasa saja? Menurut saya sedang-sedang saja, tapi gak mudah juga. Lebih enak ngobrol bahasa Indonesia ketimbang pelajaran bahasa Indonesia -__- kamu ngerasa gitu, gak? atau hanya saya saja 😀

Baca juga: review buku Guru Aini karya Andrea Hirata

Tapi tenang saja, di buku ini kita gak akan membahas pelajaran tersebut. Sesuai judulnya recehan bahasa, baku tak mesti kaku. Buku ini bukan buku pelajaran bahasa Indonesia yang sistematis. Meski demikian buku ini mengandung serpihan-serpihan pengetahuan yang dipelajari penulisnya dari pelbagai ilmu linguistik. Penyampaiannya pun dibuat secara recehan  yang kecil dan mudah dibagikan dan dipahami. Berikut ini salah satu ilustrasi dibukunya :

Pakai Data. Jangan hanya rasa #literasidigital (halaman 66)

Yang menarik dari buku ini:

  • Terdiri dari 81 bab, tapi sedikit-sedikit -__-
  • Saya suka dengan buku ini, yang disampaikan oleh penulisnya dengan cara yang menyenangkan dan menghibur.  Meskipun buku ini tidak tebal, tapi sangat asik dibaca dan kaya ilmu, dan disampaikan dengan cara yang menarik.
  • Buku ini juga menyisipkan barcode yang berisi rujukan tentang materi yang dibahas. Tipikal buku zaman sekarang banget 😀
  • Layout bukunya juga asik dan menarik dengan didominasi warna biru muda dan merah. Plus, ilustrasi yang kadang bikin ketawa. Membuat pembacanya belajar Bahasa Indonesia jadi tidak membosankan.
  • Bahasa yang digunakan penulisnya ringan, juga menyelipkan beberapa kata baku yang kadang saya tidak mengerti. Yang tujuannya agar kita cari tahu kata tersebut, jadilah saya pun harus buku KBBI daring untuk mengetahui arti kata tersebut. 😀

Baca juga: review buku Tentang Tubuhmu #serisayangidirimu karya dr. Gia Pratama

Lewat buku ini saya jadi menyadari kemampuan Bahasa Indonesia saya masih kurang dan harus banyak belajar lagi untuk bisa menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Sebuah buku yang layak dibaca dan dikoleksi untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan menulis dan berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Penulisnya merupakan wikipediawan pecinta bahasa Indonesia. Meskipun tidak berlatar belakang pendidikan linguistik, sejak 2006 giat mengkampanyekan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, antara lain melalui akun media sosial Twitter, Facebook, Instagram, YouTube, sehingga dijuluki “Kamus Berjalan.”

Baca juga: 5 cara bisa membaca buku tanpa harus beli buku

Buku ini dipersembahkan penulisnya untuk para warganet tersayang agar dapat lebih mencintai Bahasa Indonesia.

Kata itu netral. Tafsir manusia membuatnya berpihak. Imajinasi warganet membuatnya liar. Kendalikanlah! (halaman 42)

Buku ini saya beli secara online di Mizanstore

Happy reading! 📖😊

With Love, ❤️

4 thoughts on “[Review Buku] Recehan Bahasa karya Ivan Lanin

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s