Tips Membeli Buku Ori di TBO

Asiknya belanja di Toko Buku Online, tinggal klik-klik, bayar 😀

Beberapa tahun belakangan ini, jika kamu tidak sempat ke toko buku offline seperti toko buku Gramedia yang tersebar di mal-mal besar, atau ke toko buku Periplus, Kinokuniya, Togamas, Toko Gunung Agung, serta toko-toko buku kesayangan kamu. Maka solusinya bisa belanja online yang lebih praktis dan menghemat waktu.

Problemnya, dengan makin maraknya penjualan buku bajakan di marketplace, maka tentu saja kamu harus hati-hati dalam berbelanja, jangan asal klik hanya karena harga buku murah.

Baca juga: buku bajakan merugikan diri sendiri dan banyak pihak 

Memang belanja online agak riskan dibanding beli langsung di toko buku, karena kita bisa lihat dan raba apakah buku tersebut original atau bajakan. Namun, tenang saja, masih banyak kok TBO atau Toko Buku Online yang terpercaya dan menjual buku-buku original 😊😊😊

Sebagai pembaca buku, saya juga sering belanja buku di TBO karena hemat waktu (gak perlu pergi, apalagi di masa pandemi ini diminimalkan banget untuk pergi bersenang-senang seperti main ke toko buku). Selain itu juga lebih hemat budget, karena TBO-TBO yang baik ada yang suka memberi diskon, atau bahkan gratis ongkir dengan minimum pembelian.

Baca juga: review buku Suteru Gijutsu Seni Membuang Barang

Saya pribadi lebih senang beli buku di TBO karena niat jajan buku benar-bener memang beli buku, kalau ke toko buku langsung kan belum jajan-jajan lainnya 💆‍♀️😅😆 Terus kalau main ke toko buku offline nyari buku yang diincar, kalau misalnya lagi kosong, saya suka tergoda cari buku-buku lain, dengan alasan sudah pergi main ke toko buku, masa tidak satu pun buku yang dibeli, kan jarang-jarang mainnya #alasan  -__- 

Ada banyak toko buku online terpercaya jika kamu meluangkan waktu untuk mencari referensi. Dulu saya sering beli lewat bukabuku.com, toko buku Asmanadia, bukurepublika.com, mizanstore dan gramedia.com. Belakangan ini, saya lebih fokus nyari di dua TBO yaitu Mizanstore.com dan Gramedia.com, biasa langsung ke websitenya.  Kalau buku-buku incaran saya sudah sold out di kedua TBO tersebut, biasanya saya barulah cari TBO lain. 

Berikut ini tips beli buku original melalui toko buku online:

  1. Beli di toko buku online yang resmi dan terpercaya. Sekedar referensi saja, biasanya saya beli di toko buku online yaitu: Gramedia.com, Mizanstore.com, buku Republika, penerbitharu, dulu kalau karya-karya Asma Nadia saya suka beli di tokonya, diluar ini masih banyak, kalau sudah tidak tersedia di TBO tersebut, saya cari di toko buku lain, tapi paling sering di sana.
  2. Selalu tanyakan ke penjual apakah buku itu original atau bajakan. Tidak semua TBO yang ada di marketplace itu menjual buku bajakan. Kalau misal kamu mau beli di Tokopedia, better biar aman kamu chat saja penjualnya, apakah buku yang dijual bajakan, secondhand atau original. Setahu saya, bahkan ada toko yang memberi keterangan kalau hanya jual buku original. Namun, sebelum klik beli, pastikan saja tanyakan apakah buku yang dijual ori atau bajakan. Btw, belakangan ini saya mengamati bahkan nama-nama besar penerbit buku sudah menjual toko buku di Tokopedia atau Shopee. Saya pribadi lebih senang belanja di TBO yg di websitenya saja.
  3. Baca review dan komen. Kalau masih ragu juga, atau misal kamu baru pertama kali beli di TBO, atau ternyata buku incaran kamu hanya tersedia di toko buku online yang belum familiar, kamu bisa menggunakan cara lain yaitu mengecek review atau komen dari pembeli sebelumnya. Cek juga buku-buku lainnya yang mereka jual. Baca juga komen dan review dari produk-produk mereka yang laku terjual
  4. Punya uang jajan. Ini juga gak kalah penting, sebelum kamu klik-klik di toko buku online, pastikan saldo kamu cukup untuk jajan buku di TBO, jangan sampai kalap guys. 😂😂 Menurut saya, beli buku di TBO itu kalau gak tahu tujuan mau beli buku apa saja, suka lupa jadi kepengen beli buku macam-macam. Biasanya kalau saya sudah tahu mau beli buku apa, saya akan langsung klik, dan gak usah berselancar lama-lama, takut khilaf jajan buku kebanyakan 😆😆

Bagaimana pengalamanmu saat berbelanja buku di Toko Buku Online? Apakah kamu suka belanja di Toko Buku Online atau datang langsung ke toko buku?

Selamat berbelanja di toko buku online kesayanganmu 🙂

With Love, ❤️💙

14 thoughts on “Tips Membeli Buku Ori di TBO

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s