[Review Buku] TOKI Si Kelinci Bertopi Karya Tere Liye

“Keberanian yang hebat justru datang dari rasa takut. Tidak apa jika kau merasa takut jatuh. Itu justru membuatmu waspada dan hati-hati. Tapi jangan biarkan rasa takut itu menghentikanmu melakukan hal-hal yang hebat.” (halaman 62) 

Judul                    : TOKI Si Kelinci Bertopi
Penulis                 : Tere Liye
Ilustrator             : Indra Bayu
Penerbit               : Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit       : 27 Januari 2021
Jumlah halaman : 72 hlm. ; 30 cm
ISBN                      : 9786020648774

Sinopsis:

Toki adalah kelinci bertopi, dia selalu saja mencari perhatian dari orangtua dan kakak-kakaknya. Sering kali Toki jail dan mengganggu hewan-hewan kecil lain, membuat masalah. Hingga suatu hari Toki mengalami petualangan seru di hutan lebat. Dia akhirnya tahu bahwa saling membantu, menghormati, dan senantiasa berbuat baik adalah perilaku terpuji.

Apa petualangan Toki? Apa saja yang ia temui di hutan lebat tersebut? Apakah benar Toki kelinci pertama yang belajar bergelantungan di dahan-dahan pohon seperti kawanan monyet yang jago melompat di udara? Bagaimana dengan ular besar yang mengejarnya? Selamat membaca kisahnya!

Senang sekali, penulis multitalenta ini mengeluarkan buku anak untuk usia 5+. Waktu baca ebook-nya (versi bahasa Inggris) di Google Play—Hatrab The Rabbit and The Hat, saya sudah excited banget ingin segera menikmati versi cetaknya dalam Bahasa Indonesia. Gak nyangka, versi cetaknya sekeren dan segagah ini, hard cover pula!  😍😍😍😍

Buku ini melalui riset dan telah dipersiapkan Bang Tere selama bertahun-tahun. Hasilnya? Sangat lezat! Salut banget. Sebagai penikmat buku-buku Tere Liye, saat buku ini sampai di tangan saya, saya terharu akhirnya bisa memiliki koleksi buku anak karya penulis lokal yang sekeren ini.

Baca juga: review buku Si Anak Pintar

Biasanya, saya senang membaca buku anak versi hard cover dari penulis luar yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, dan pinjam ke adik-adik sepupu yang koleksinya lengkap banget. Namun,  kali ini, saya tergerak mengoleksi buku anak karya Bang Tere, sebab penasaran dengan sesuatu yang baru dilakukan Bang Tere, dan kagetnya pas tadi baca buku ini, adik sepupu saya yang berusia 7 tahun langsung tertarik dengan cover buku ini, dia membaca judulnya dan kaget dengan penulisnya. Dia bilang “Teh, memangnya Tere Liye menulis buku anak? Bukannya Tere Liye itu penulis buku dewasa?” Dia sering banget melihat saya baca, terus tadi saya menawarkan ke adik sepupu saya, dan diaanteng baca sampai selesai, dia bilang suka! Jadi untuk Ibu-Ibu, Bapak-Bapak, Kakak-Kakak, Om dan Tante, silakan bisa belikan buku ini untuk adik-adik 😀

Buku ini bercerita tentang Toki Si Kelinci, dia anak bungsu dari sebelas bersaudara. Karena kesibukan Ibu dan Bapaknya, dia mencari perhatian. Suatu hari dia disuruh Ibunya, sayangnya dia keasikan bermain sampai tidak tahu jalan pulang. Dia mengalami petualangan sangat seru, bertemu banyak hewan yang akan menyadarkan dia tentang kerjasama, saling membantu, saling menghormati.  Kira-kira, petualangan apa yang dilakukan oleh Toki? Bagaimana cara dia pulang saat tersesat di hutan belantara? Temukan jawabannya di bukunya 😀 Selama Toki berpetualang, saya sangat menikmati ilustrasi yang tersaji. Indah sekali. 

Karakter: Toki, Bapak, Ibu, Kakak-kakak, Pak Tua Si Kura-Kura, Mo-ri, Mo-tang, Mama Monyet, Tuan Beruang, Tuan Burung Hantu.

Yang menarik dari buku ini:

  • Tentu saja ceritanya. Saya sungguh tidak menyangka, Bang Tere bisa menulis buku anak sebagus ini. Ditambah ilustrasi yang indah menambah poin bahwa buku ini memang keren. Kolaborasi penulis sekelas Tere Liye dan ilustratornya Indra Bayu, membuat buku ini terkesan megah. Buku lokal, rasa luar negeri. Berasa baca buku terjemahan luar, saking terpukau.
  • Cover-nya kece, keren, gagah. Kujatuh cinta sama cover-nya dan tentu saja isinya. 
  • Cocok banget buat kado atau diberikan kepada anak-anak, adik-adik, saudara, teman. 
  • Pemberian namanya sangat unik, seperti Toki yang ternyata kelinci ini suka memakai topi. Dia dipanggil Toki—si Topi Kelinci.

  • Cerita khas Bang Tere Liye-nya tetap terasa, Bang Tere memang penuh kejutan. Ilustratornya juga keren sekali. Membuat buku cerita ini semakin hidup dan terasa spesial untuk dibaca dan dikoleksi.

Pesan moral: lewat Toki kita akan belajar untuk melawan rasa takut. Belajar untuk saling membantu seperti semut yang ditemui Toki saat dia berpetualang, dan  banyak lagi pesan yang bisa kita dapatkan dengan membaca buku ini.  

Buku TOKI ini karya penulis lokal, tapi rasa buku terjemahan dari penulis luar negeri. Keren. Ditunggu buku-buku cerita anak selanjutnya Bang Tere.

Baca juga: review buku Guru Aini karya Andrea Hirata

Saya beli bukunya ikutan PO, dapat diskon. Beli di market place Toko Buku Tere Liye Original, jadinya dapat tanda tangan penulisnya 🙂

Kalau kamu mau beli bukunya bisa beli di toko buku online resmi, yaitu di sini: Toko Buku Tere Liye

Selain buku berjudul Toki Si Kelinci Bertopi, juga ada buku berjudul Suku Penunggang Layang-Layang.

Covernya cakep banget!

Baca juga buku-buku serial karya Tere Liye:

  1. Buku Serial BUMI
  2. Buku Serial ANAK NUSANTARA
  3. Buku SERIAL AKSI
  4. Buku Cerita Anak Bergambar

Happy reading! 📚 📖😊

With Love, ❤️💙

 

2 thoughts on “[Review Buku] TOKI Si Kelinci Bertopi Karya Tere Liye

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s