Cara Merawat Alocasia

Hello beautiful Alocasia amazonica

Habibat Alocasia kebanyakan bukan berasal dari Indonesia, dan satu-satunya Alocasia asli Indonesia namanya Alocasia jacklyn yang berasal dari Sulawesi. Habitat Alocasia adalah daerah tropis dan subtropis yang ada di Asia, Oceania, dan Amerika Selatan. Kali ini saya akan membahas tentang cara merawat Alocasia.

Alocasia cuprea

Berikut ini tips seputar cara merawat Alocasia:

  • Alocasia suka lingkungan lembab.
  • Di rumah, untuk alocasia di sini ditaruh di bawah naungan teras, kena sinar matahari pagi dan sore, juga kena angina. Untuk media tanamnya (atau sering disingkat metan) beragam, tidak semua media tanamannya sama.
  • Disirim kalau media tanamnya sudah sedikit mengering, biasanya kalau saya dua hari sekali, atau bisa tiga sampai lima kali dalam seminggu, tergantung cuacanya.
  • Biasanya saya suka mencolek atau mengecek media tanamnya kalau ragu-ragu apakah sudah saatnya disirim atau belum. Biasa dicolek pakai jari, dan rasakan apa sudah mulai mongering.
  • Alocasia di sini tidak perlu leaf shine, kalau sehat biasanya daunnya kelihatan mengkilap seperti pada Alocasia amazonica, Alocasia cuprea. Kecuali jenis velvety atau berbulu seperti Alocasia dragon scale. Beberapa Alocasia kelihatan kinclong memang secara alami seperti itu, saya tidak menggunakan cairan pengkilap daun untuk jenis Alocasia agar mengkilap, bahkan pada daun-daun tanaman hias yang lainnya.
  • Bagaimana cara agar daunnya cepat besar? Saya hanya sabar saja, tidak menggunakan metode jalan ninja: beli yang sudah besar 😀 Tapi kalau kamu ada dana silakan saja pakai jalan ninja, senyamannya kamu 😀 Kalau saya merawat alocasia dari kecil, atau dari yang tadinya hanya satu daun (seperti Alocasia nebula), rata-rata dua daun, dan alhamdulillah sekarang sudah sampai cukup rimbun 😀 Oh iya, beberapa Alocasia daunnya memang kecil, tapi terlihat bagus sekali J Kecil dan berharga seperti permata. Itulah namanya, permata Alocasia.
  • Untuk pupuk beragam, awalnya saya gunakan pupuk organik, terus pernah coba juga pupuk NPK, tapi selama lima bulan ini sudah menggunakan pupuk dynamite (yang hanya dilakukan pemupukan cukup 9 bulan sekali), setelah menggunakan pupuk ini hasilnya makin memuaskan dan para Alocasia di rumah cukup rajin beranak. Untuk pupuk kembali kepada para pecinta tanaman saja, silakan gunakan yang sesuai pilihan.
Alocasia amazonica, cakep banget apalagi pas muncul daun baru

Baca juga: review buku Keajaiban Toko Kelontong Namiya karya Keigo Higashino

Saya paling suka momen saat Alocasia muncul daun barunya, warna daunnya eksotis sekali, ini salah satu contoh Alocasia cuprea yang paling rajin beranak, awal mengodsi tanaman ini baru tiga daun, sekarang sudah makin subur.

Alocasia cuprea rajin memberikan daun baru 🙂 awalnya sekitar 2-3 daun, kini alhamdulillah makin rimbun dan ganteng 😀
Alocasia sanderiana awal di adopsi masih sekitar 2 daun, lama-lama alhamdulillah makin rimbun dan kece! 😀

Tonton juga drama START-UP yang ada scene tanaman hiasnya! 

Contoh berikutnya Alocasia amazonica yang awal di adopsi jumlah daunnya baru dua, sekarang makin rimbun saja, bikin gemas.

Alocasia amazonica, rimbum dan rajin memberikan daun baru, duh kece banget kamu 🙂

Kebanyakan koleksi Alocasia di gambar ini awalnya masih kecil-kecil, bahkan tante saya ada yang beli bonggolnya langsung dari Kalimantan, salah satunya Alocasia watsoniana  setelah kurang dari setahun Alhamdulillah perkembangannya cukup memuaskan, semoga mereka sehat-sehat terus ya 🙂

kumpulan Alocasia yang tumbuh sehat dan subur 🙂

Alocasia masuk dalam tanaman Aroid yang merupakan nama lain untuk tanaman yang berasal dari family Araceae, genus Alocasia dan memiliki banyak jenisnya, seperti  berikut ini:

  1. Alocasia silver dragon
  2. Alocasia amazonica,
  3. Alocasia black velvet,
  4. Alocasia dragon scale,
  5. Alocasia alba
  6. Alocasia antoro velvet
  7. Alocasia bisma
  8. Alocasia cuprea
  9. Alocasia longiloba
  10. Alocasia melo badak
  11. Alocasia neon / frydek
  12. Alocasia reginae
  13. Alocasia sanderiana
  14. Alocasia remusatia vivipara
  15. Alocasia violet infernalis
  16. Alocasia watsoniana
  17. Alocasia nebula (ini kayak nama judul buku fantasi karya Tere Liye, judulnya Nebula juga, asli pas lihat tanaman ini saya langsung teringat buku Nebula >.< sungguh pecinta buku dan pecinta tanaman, menemukan nama yang sama itu sesuatu, hehe),
  18. Alocasia jacklyn
  19. Alocasia bambino
  20. Alocasia stringray
  21. Alocasia alzanii
  22. Alocasia chaii
  23. Alocasia olani
  24. Alocasia longiloba veitchii
  25. Alocasia scalprum

Dan sebagainya, masih banyak lagi jenis-jenis Alocasia, saya belum hafal semuanya 😀 karena belum merawat semua jenis Alocasia, baru merawat dari nomor urut 1-17

Selamat mengadopsi dan menanam tanaman karena dengan menanam tanaman kita bisa ikut berpartisipasi dalam menghijaukan bumi.

Baca juga:

Plants make people happy! and…

Happy Planting! 

With Love,

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s